Kenangan mancing bersama sang pionir

  Ngurah   02 December, 2005

Ketika awal tahun 1990-an belum banyak mania mancing menggemari mancing popping, di Pulau Dewata Bali, justru telah tumbuh mania mancing penggemar viagra sans ordonnance popping. Mania Mancing itu adalah Adhek Amerta.

Berkat ketekunannya menggeluti mancing poppingnya, ia banyak dikenal oleh mania mancing dari negeri Jepang. Para mania mancing dari Jepang jika inging mancing di Indonesia selalu mencari Adhek Amerta. Meski namanya sudah kesohor sampai ke negeri orang namun sepertinya mania mancing dalam negeri sendiri belum banyak mengetahui sepak terjangnya. Bahkan ketika tahun 1990-an, saat mania mancing popping di Pulau Bali, Adhek Amerta berhasil menjadi master of angler in Bali.

Saking seringnya mancing popping, ia banyak menciptakan umpan-umpan popper yang sangat indah dan cantik. Ironis popper buatan Adhek ini, awal-awalnya justru terkenal di negeri Jepang sedangkan Indonesia, baru belakangan ini. Sekarang popper buatan Adhek telah merambah berbagai negara.

Mancing mania (MM) merasa bersyukur sebab jauh sebelum orang-orang ribut popping seperti sekarang ini, atau tepatnya pada tahun 1997, MM berkenalan langsung dan mancing bersama Sang Pionir popping di Indonesia. Kala itu, kami mancing di sekitar Nusa Penida.

Adhek Amerta dan sahabat karibnya Della menunjukkan kepada MM bahwa di sekitar Penida merupakan lokasi untuk memancing popping. Beberapa hotspot pun kami jajaki untuk mancing. Terus terang saja pada saat itu kami belum begitu familiar dengan memancing popping mencari GT. Karena itu kami hanya memperhatikan bagaimana Sang Pionir popping itu dalam mencari GT. Ketika MM untuk pertama kalinya mengenal teknik popping mencari GT, MM berkesimpulan bahwa mancing popping penuh dengan unsur olah raga.

Kala itu MM mancing selama dua hari. Setiap habis mancing MM pulang ke rumah pak Adhek Amerta karena memang MM menginap di rumahnya selama seminggu. Dari sana MM mengenal sosok mania yang tidak sombong meski namanya banyak dicari mania luar negeri. Disela-sela kesibukannya memandu mania mancing baik dari dalam maupun luar negeri, ia terus berkreatifitas menciptakan popper. mrk